"730E3258ED56FAD3A129C785356C8B62" /> f2f6438171ff23f5dc74a31f435ebd9f " Blog Nya MaZ Bagas: Perkembangan Komputer

Senin, 01 April 2013

Perkembangan Komputer

Kali ini Den Bagas akan posting tentang Perkembangan Komputer.

Sejarah Dan Perkembangan Komputer
perkembangan-komputer
  Perkembangan sebuah alat tentu tidak terlepas dari Perkembangan Teknologi. Demikian pula komputer. Komputer yg kita gunakan merupakan hasil perbaikan dan evolusi dari beragam komputer di masa lalu. Selain pada sisi hardware dan teknologi yg digunakan.

Bila kita telah mengetahui, sebenarnya komputer merupakan sebuah alat hitung karena kata 'komputer', dalam bahasa Inggris, akar kata 'to compute' artinya 'menghitung'. Sejarah perkembangan komputer sendiri berawal dari penggunaan alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik. Selanjutnya, alat itu berkembang menjadi komputer; mulai dari generasi pertama hingga generasi terakhir.

Alat Hitung Sederhana
Adalah Abacus, sebuah alat hitung yang digunakan sekitar 5000 tahin yang lalu di Asia kecil, dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Abacus berupa biji-bijian yang tersusun pada rak dan dapat digeser-geser. Abacus ini digunakan untuk melakukan hitungan sederhana.

Pada tahun 1642, sebuah kalkulator roda numerik bernama Pascaline dibuat oleh Blaise Pascal (1622-1662  ), seorang remaja yang waktu itu baru berusia sekitar 18 tahun. Alat tersebut digunakan untuk membantu ayahnya menghitung pajak.

Pascaline terbuat dari kotak kuningan dengan delapan roda putar bergerigi untuk menytakan jumlah bilangan hingga delapan digit. Dengan Pascaline, kita dapat melakukan hitungan bilangan berbasis sepuluh. Sayangnya, alat ini hanya mampu melakukan operasi penjumlahan saja.

Pada tahun 1694, Pascaline mengalami perbaikan dan perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh seorang filsuf Jerman, Gottfredd Wilhem Von Leibniz (1646-1716). Hasilnya, Pascaline mampu melakukan operasi perkalian.

Pada tahun 1820, sebuah alat hitung mekanik bernama Arithometer, buatan Charles Xavier Thomas de Colmar, mulai populer dan banyak dipergunakan. Alat tersebut memiliki cara kerja yang lebih praktis dan mampu melakukan empat operasi hitungan sekaligus, yaitu penjlumahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Baca juga artikel:
Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Kedua
Komputer Generasi Ketiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar