"730E3258ED56FAD3A129C785356C8B62" /> f2f6438171ff23f5dc74a31f435ebd9f " Blog Nya MaZ Bagas: Motherboard

Halaman

Senin, 01 April 2013

Motherboard

Halo! Kali iniBlog Nya Maz Bagas mau posting tentang Motherboard

Motherboard
Motherboard atau disebut juga mainboard, logic board (khususnya pada komputer apple), atau cukup disingkat mobo, merupakan sebuah sirkuit utama  dalam sebuah CPU. Motherboard adalah tempat pemasangan Processor, memory, dan sejumlah slot yang saling terhubung, baik secara langsung atau tidak, dengan komponen komputer yang lain. Pendek kata, motherboard adalah 'induk' dari semua device komputer; maka dikenal dg istilah 'motherboard.
motherboard-gigabyte
                                                                        Motherboard Gigabyte
Saat ini, motherboard sudah mendukung beragam perangkat yang terintregasi, misalnya kartu grafis (VGA Card), kartu suara (sound cars), kartu jaringan (LAN card), dan sebagainya. Selain itu, terdapat port PS/2, serial, Paralel, USB, dan Firewire.

Port PS/2 digunakan oleh keyboard dan mouse dengan konektor PS/2. Sedangkan bila kita menggunakan keyboard atau moouse dengan jenis konektor USB maka keduanya dapat dihubungkan melalui port USB. Port USB juga dapat digunakan untuk memasang kamera digital, scanner, flashdisk, bluetooth dongle, modem, serta perangkat lain yang memiliki jenis konektor USB.

Port serial dapat digunakan untuk memasang modem, mouse jenis serial, dan perangkat lain yang memiliki konektor serial. Sementara itu, port paralel umumnya digunakan oleh printer yang memiliki jenis konektor paralel. Sedangkan port firewire digunakan untuk memasang kamera video digital (handycam).
                                                            Contoh Konektor dalam sebuah motherboard


Sekian artikel dari Blog Nya Maz Bagas tentang Motherboard. Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar