"730E3258ED56FAD3A129C785356C8B62" /> f2f6438171ff23f5dc74a31f435ebd9f " Blog Nya MaZ Bagas: Keyboard

Senin, 01 April 2013

Keyboard

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..


 Halo! Kali ini Den Bagas akan posting tentang Keyboard!



Keyboard adalah perangkat yang memiliki sejumlah tombol. Mirip rangkaian tombol/tuts pada mesin ketik manual.

Tombol-tombol pada keyboard digunakan untuk memasukkan teks atau karakter pada program komputer atau untuk mengoperasikan program tersebut.
Selain memiliki sejumlah tombol karakter umum, yaitu huruf A-Z dan angka 0-9, keyboard juga memiliki bebrapa tombol tambahan dengan fungsi khusus yang tidak terdapat pada mesin ketik biasa. Contohnya adalah tombol Enter, tombol Shift, Alt, tombol fungsi F1 hingga F12, dan sebagainya. Masing-masing tombol tersebut memiliki fungsi yang spesifik, tergantung pada jenis aplikasi yang sedang digunakan.

Cara Kerja Keyboard

Cara kerja keyboard cukup sederhana. Ketika sebuah tombol pada keyboard kita tekan, membran atau lapisan karet lentur di bawah tuts akan meyentuh sirkuit dibawahnya, dan mengirimkan sinyal tertentu melalui kabel keyboard kepada chip di Komputer/CPU. Sedangkan pada jenis wireless keyboard (keyboard tanpa kabel), yang dikirimkan bukan sinyal tetapi gelombang.

Selanjutnya sinyal tersebut akan diterjemahkan menjadi kode tertentu sesuai dengan tombol yang kita tekan. Misalnya kita menekan tombol "A" maka chip akan menerima sinyal untuk menampilkan huruf atau karakter "A" pada layar. Itulah gambaran sederhanannya. 

Bentuk Keyboard

Jenis dan model Keyboard yang ada pada saat ini sangat beragam.
Sebuah keyboard standar umumnya memiliki 104 tombol. Tidak percaya? Silahkan hitung sendiri jumlah tombol yang ada pada keyboard kita. Cukup banyak kan?

Selain tombol-tombol standar, beberapa jenis keyboard kadang-kadang juga memiliki tombol tambahan, Misalnya tombol Wake, Sleep, dan tombol Power. Bahkan pada keyboard Built-in merek tertentu, misalnya HP (Hewlett-Packard), ada tombol untuk mengatur volume suara, akses internet, mengirim email, menngoperasikan CD/DVD-ROM, dan sebagainya.

Jenis huruf yang tertera pada tutus keyboard juga bermacam-macam.
Umumnya, jenis huruh yang digunakan adalah huruf Latin. Namun, pada negara tertentu seperti China, Korea, Jepang, ada jenis keyboard dengan tombol dan karakter yang sesuai di negara tersebut.

Jenis Koneksi

Berdasarkan jenis konektor (interface) yang digunakan hingga saat ini, keyboard terdiri atas empat macam, yaitu keyboard dengan jenis konektor standar AT (DIN-5), PS/2, USB (Universal Serial Bus), dan wireless. 

Keyboard standar AT memiliki konektor berpenampang bulat, kurang lebih sebesar uang koin Rp. 25-. Keyboard jenis ini sering digunakan pada komputer-komputer tipe lama, tahun 80-an hingga 90-an. Keyboard jenis ini juga masih dapat digunakan pada komputer yang memiliki jenis konektor PS/2, tetapi harus melalui sebuah konverter khusus PS/2.

Kedua, keyboard dengan konektor PS/2. Ujung konektornya (yang masuk ke dalam Motherboard komputer) berbentuk bulat kecil berdiameter kurang dari 1 cm dan memiliki 6 pin di dalamnya. Keyboard dengan konektor PS/2 hampir mirip dengan keyboard standar AT, hanya bentuk penampangnya lebih kecil. Keyboard jenis ini cukup populer dan masih banyak dijumpai hingga saat ini.

Ketiga, keyboard dengan konektor USB. Keyboard jenis ini mulai populer dan banyak digunakan pada komputer yang memiliki konektor atau port USB-berbentuk kotak kecil persegi panjang.
Sekarang, keyboard jenis ini juga dapat digunakan pada komputer yang hanya memiliki port PS/2 saja. Namun, syaratnya harus menggunakan sebuah konverter USB-PS/2.

Terakhir, keyboard tanpa kabel yang biasa disebut wireless keyboard. Keyboard ini menggunakan gelombang radio atau infra merah (sebagai pengganti kabel) untuk mengirim sinyal ke komputer. Jenis keyboard ini sedang marak dipasaran, tetapi tentu saja dg harga yg masih relatif mahal.

Sekian artikel dari Blog Nya Maz Bagas tentang Keyboard. Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar