"730E3258ED56FAD3A129C785356C8B62" /> f2f6438171ff23f5dc74a31f435ebd9f " Blog Nya MaZ Bagas: Komputer Generasi Pertama

Senin, 01 April 2013

Komputer Generasi Pertama

Halo! Kali ini Den Bagas akan posting tentang Komputer Generasi Pertama.
Komputer generasi pertama dibuat untuk mengerjakan tugas yang spesifik. Setiap komputer memiliki program kode-biner, atau biasa disebut "bahasa mesin" (machine language), yang berbeda-beda sehingga sulit untuk diprogram. Selain itu, tingkat kecepatannya juga masih rendah. Ciri khas lain dari komputer generasi pertama adalah ukurannya yang sangat besar karena masih menggunakan tube valkum dan silinder magnetik sebagai alat penyimpanan data.
Komputer generasi pertama mulai muncul saat terjadi Perang Dunia  kedua. Saat itu, negara-negara yang terlibat Perang berusaha mengembangkan komputer untuk membantu kegiatan mereka. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membuat sebuah komputer, Z3 untuk merancang desain pesawat terbang dan peluru kendali.

Sementara itu, pihak Sekutu juga melakukan hal serupa. Pada tahun 1943, Inggris membuat sebuah komputer bernama  Colossus. Untuk memecahkan kode rahasia (yang juka dikenal dengan 'Colossus') yang digunakan oleh Jerman. Sayangnya, Colossus
kurang berkembang karena misi utama komputer tersebut hanya untuk kepentingan militer, dan bukan untuk kepentingan yang lain. Alasan keamanan dan kerahasiaan pun menjadi penyebab yang lain.

Amerika  juga berhasil mengembangkan sebuah cikal bakal komputer berupa sebuah kalkulator elektronik  bernama IBM Automatic Sequence Controlled Calculator  atau Mark I. Mesin tersebut dibuat oleh Howard H. Aiken (1900-1973) bekerjasama dengan IBM. Ukuran mesin itu cukup besar. Panjangnya kurang lebih setengah Lapangan Sepakbola dan panjang kabelnya mencapai 500 mil. Sasarannya adalah untuk keperluan militer.

Komputer lain yang berhasil dikembangkan pada saat itu adlah Elektronik Numerical Intregator and Computer (ENIAC), yang dibuat atas kerjasama pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennysylvania. Komputer yang dibuat oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) ini memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Ukurannya cukup besar dan membutuhkan daya listrik sebesar 160 kW. Komputer ini mampu bekerja 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mark I . Perhatikan bentuk ENIAC pada gambar di bawah ini:
ENIAC
                                             Bandingkan Ukuran ENIAC dengan Operator Komputernya
Pada pertengahan tahun 1945, John Von Neumann (1903-1957) dan tim dari University of Pennsylvania  membuat Electronic Discrete Variable Automatic Computer  (EDVAC) dengan sistem memory untuk menampung program dan data. Pada tahun 1951, Remington Rand membuat Universal Automatic Computer I (UNIVAC), dan selanjutnya mesin tersebut menjadi komputer komersila pertama.

Sekian dulu artikel dari Den Bagas tentang Komputer Generasi Pertama semoga bermanfaat!!                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar